27.2.13

Koprol Di Pantai Pulomanuk



Pantai Pulomanuk sepertinya belum masuk destination list buat traveler jika ke Sawarna. Memang jaraknya cukup lumayan dari spot ‘perhentian’ Sawarna menuju ke arah Rangkasbitung. Apalagi jalanannya yang menanjak, sampe-sampe mobil yang kami tumpangi mogok saat melaju di tanjakan.


Mungkin ada alasannya Pantai Pulomanuk belum masuk destination list Sawarna, karena pantainya juga masih belum bersih, terlihat banyaknya sampah akar, kayu, plastik, di sepanjang pantai. Mungkin ini akibat dekat muara sungai yang membawa material yang hanyut terus hingga laut. Pantai ini masih sebagai pantai nelayan, terlihat dengan banyaknya perahu nelayan yang tertambat. Tetapi bukan berarti pantai ini tidak memiliki potensi wisata, apalagi pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dengan hamparan pantai yang luas, dan pemandangan yang aduhai.




Kami berjalan mulai dari dekat muara sungai. Banyak berjejer perahu-perahu nelayan yang tak teratur disekitar muara. Banyak perahu yang difungsikan juga sebagai tempat jemuran baju, pemandangan khas kampung nelayan.


Para nelayan tampak ada yang bersantai di hamok, di bawah rimbunnya pohon. Duduk-duduk diatas bangku sambil bercengkrama dengan teman. Sebagian yang lain memperbaiki jaring yang kusut, juga memperbaiki jaring yang rusak. Juga ada yang mengecek kondisi perahu.

Kami terus berjalan menjauhi dari sekitaran muara. Selain karena banyak perahu yang tertambat, juga kami butuh area pasir yang agak landai. Biar aman dan puas buat mantai.


Ada yang main air, tapi nggak mau basah. Jadi cuma nyemplungin kaki doang. Ada juga yang cuma duduk-duduk diatas pasir memandang langit yang mendung dan samudera luas. Ada juga yang bikin huruf di pasir pake ranting terus kehapus oleh ombak. Kalau aku milih koprol aja, pengen ngerasain sensasi jumpalitan di atas pasir putih.


Sementara yang lainnya lagi memanfaatkan perahu nelayan buat foto-foto. mungkin biar bisa rubah picture profile di media sosial semacem facebook. Hadeuh...


Oke deh, kami nggak usah lama-lama disini. Soalnya musti nyari penginapan. Dan yang paling penting kudu nyari makan siang buat ngisi perut. Happy traveling guys!

Tidak ada komentar: