10.12.12

Beauty of Indonesia (1): Pameran dan Workshop Fotografi oleh Arius Karman



Ditengah-tengah kesibukan tugasnya sebagai seorang tenaga medis, dr. Arius Karman masih sempat menyelenggarakan sebuah pameran foto. Karya-karya Arius Karman ditampilkan dalam pameran tunggalnya di Lobby Omni Hospital, Alam Sutera, Serpong, tempat ia dinas.


Kecintaannya kepada landscape Indonesia, dan ingin berkontribusi terhadap pariwisata Indonesia inilah, yang mendorong ia untuk menggelar pameran fotografi ini. Dengan bertajuk Beauty of Indonesia, perhelatan ini diselenggarakan dari 08-16 Desember 2012.



Memang baru pertama kali aku berkenalan dengan beliau. Dari Niko pulalah aku mengenal sosok dr. Arius Karman. Niko banyak bercerita tentang perjalanan fotografinya dengan beliau ketika mengunjungi Bromo, November lalu. Jadi banyak sedikit aku mengenal ia.



Memang tak umum menyelanggarakan acara seperti ini di tempat seperti rumah sakit. Dalam sambutannya ia mengungkapkan bahwa ingin membuat image rumah sakit seperti tempat yang tidak kaku. Ingin sebagai tempat jalan-jalan, meeting point, dll. Juga keinginan beliau untuk mendukung kegiatan pariwisata Indonesia, yang angka kunjungan turisnya masih kalah dengan negeri tetangga yang kecil, Singapura. Padahal potensi keindahan alam Indonesia lebih dari yang lain. Dan ingin mengenalkan alam Indonesia, selain Bali yang selama ini paling dikenal turis mancanegara.


Sambutan dilanjutkan oleh salah satu Board of Director Omni Hospital, kemudian sambutan dari perwakilan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bidang Fotografi, sekaligus membuka acara ini. Pada intinya Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sangat mendukung acara ini guna memajukan pariwisata nusantara. Juga hadir fotografer wisata (travel) Goenadi Haryanto.


Sejumlah karya fotografi landscape Indonesia hasil perjalanan dr. Arius Karman ditampilkan. Ini merupakan hasil perjalanannya menyusuri Indonesia: Bromo, Situ Gunung, Sawarna, hingga Bangka-Belitung. Juga ada sedikit foto landscape dari mancanegara, sebagai pembanding bahwa alam Indonesia jauh lebih indah.



Tidak ada komentar: