6.1.14

[Street Food] Sajian Hangat Pasar Cipanas


Cuaca hujan dan mendung seharian di Cibodas bikin lidah ingin merasakan sesuatu makanan yang hangat. Tercetus ide untuk berburu baso atau mie dengan kuah yang hangat. Namun lokasi untuk mencicipi menu yang tentunya sangat recommended ini berada di Pasar Cipanas, sehingga memaksa kami untuk sedikit ‘kerja keras’ untuk mendapatkannya.

Hanya satu kali naik angkot dari Cibodas, dengan trayek Cibodas-Pasar Cipanas, dan tak membutuhkan waktu lama kami sampai di tujuan. Masuk ke dalam pasar dengan gedung yang memiliki lima lantai ini. Jangan dibayangkan pasar yang satu ini kumuh dan becek seperti pasar tradisional lainnya, karena pasar ini berada di sebuah gedung, dengan lantai keramik yang bersih.

Kami menuju ke lantai tiga, terus jalan hingga kami pikir berada pada ujung sisi pasar. Hingga kami berhenti di sebuah kios dengan gerobak kaki lima, tertulis  Pondok Baso Inem Yono. Ini bukan inisiatif saya, melainkan Endang ‘Emon’ penduduk setempat yang sudah mengenal seluk-beluk pasar. Menu yang tersedia: Mie Ayam dan Baso, atau bisa combine keduanya: Mie Ayam Baso.

Kami menyantap menu ini dengan lahap. Dan memang rasa tak bisa dipungkiri, maknyus! kalau boleh meminjam istilah Pak Bondan, sang ahli kuliner. Mie Ayam Baso dengan baso urat yang besar dan enak. Untuk kuah basonya menggunakan kaldu sapi. Nikmat dan anget!




Di sisi yang lain kami singgah di Kios Cireng Isi (Mami). Disini kami memesan donat, pisang-goreng-cokelat, tahu-isi-pedas, cireng dengan isi ayam, istilahnya semuanya fresh from the oven, alias gorengan yang dibeli baru saja diangkat dari penggorengan, sehingga nikmat disantap saat masih hangat.

Soal harga memang murah meriah, cukup Rp. 1.000 per pcs, semua jenis gorengan. Apalagi penjualnya ramah dalam pelayanan. Juga tak segan-segan kami ambil gambarnya (foto).

Memang ini tempat street food yang cocok banget disaat musim hujan begini. Mungkin gak musim hujan pun cocok untuk menyantapnya, apalagi hawa di Cipanas dan sekitarnya yang dingin.











***

Tidak ada komentar: