1.4.13

Jajanan (Pasar) Cibodas



Pasar Cibodas memang bukan seperti pasar ‘sungguhan’ yang gelarannya tertentu. Pasar ini ada pas waktu-waktu Cibodas rame. Misal pas pagi ketika banyak para pendaki memulai pendakian ke Gunung Gede-Pangrango atau wisatawan yang datang ke Kebun Raya Cibodas. Tentunya selain banyak cenderamata yang dijual ke wisatawan, menjual sayuran segar dari kebun-kebun petani, dan banyak pula yang menjual jajanan yang nikmat.


Mulai dari yang manis sampai yang asin. Dari yang kenyal sampai yang renyah. Mulai dari yang berair sampai yang garing. Komplit!


Jika jalan pasti akan ditawari untuk mampir ke warung kecil mereka. Cukup melempar senyum jika memang tak berkenan membeli. Memang kadang mereka agak maksa juga untuk membeli, tapi jika menolak dengan ramah dan agak bersikap cuek mereka juga pasti luluh.


Makanan yang dijual juga bisa nawar lagi. Atau bisa beli diluar ukuran yang ditetapkan. Misal beli keripik bayam yang dijual per kilo (kg), jika dirasa satu kilo kebanyakan, bisa nawar seperempatnya. Seperti yang aku lakukan.


Oh ya, keripik bayam ini sangat renyah dan garing. Daun bayam yang ukurannya besar dicelup kedalam tepung yang telah diberi bumbu, kemudian digoreng hingga garing. Katanya daun bayam ini hanya khusus untuk bahan keripik saja, jika dimasak (bikin tumis atau sup) maka rasanya nggak enak.


Oke, sekantong plastik keripik bayam sudah ditangan. Saatnya berlabuh ke jajanan yang lain. 


***

Tidak ada komentar: