13.5.13

Pusaka Keraton Kasepuhan Cirebon



Tak seperti Keraton Kanoman, Keraton Kasepuhan berada di lokasi yang strategis dan mudah dijangkau. Mungkin hal inilah yang menjadikannya ramai dikunjungi para wisatawan. Juga sudah dikelola dengan baik. Terlihat adanya dikenakan tiket masuk (umum sih…), dipandu oleh guide yang memakai busana tradisional: blangkon dan bersarung.


Kami diajak berkeliling kompleks keraton. Melewati beberapa gapura khas Cirebon: bata merah ekspos, juga beberapa pintu gerbang.

Di kompleks paling luar terdapat pendopo dengan atap limasan. Tempat inilah digunakan oleh Raja dan anggota keraton lainya untuk berkumpul.





Sebelah bangunan utama keraton ada museum yang menyimpan berbagai pusaka kerajaan pada masa lampau. Mulai dari perangkat kebudayaan: alat musik, lukisan kama sutera, keramik, perangkat tedah sinten, dan peralatan keseharian hingga peralatan perang: tombak, baju besi, busur dan panah, pedang, perisai.



Masuk ke bangunan utama. Ruangan lega ini dengan didukung sirkulasi udara yang baik memang terasa sejuk ditengah cuaca Kota Cirebon yang panas. Terdapat singgasana Raja dan juga beberapa kursi untuk para pembantu raja. Lagi-lagi dinding-dindingnya dihiasi keramik motif Tiongkok dan Eropa.




Museum sebelah timur, tempat menyimpan kendaraan kerajaan: kereta, tandu. Juga ada lukisan Raja Pertama yang berkuasa: berperawakan gagah, besar dan tegap dengan harimau disampingnya. 


Rupanya masih ada lagi bagian kompleks keraton yang guide ingin tunjukan, yaitu: pemandian (taman sari) dan tempat ngaji (menuntut ilmu). Jangan dibayangkan tempat pemandian dengan kolam berisi air jernih dan menyejukan seperti pemandian lainnya. Tempat ini sudah tidak digunakan lagi hanya tinggal puing batu-bata yang teronggok dan berlumut hijau. Namun sumurnya masih mengeluarkan air yang segar.



Ternyata kompleks Keraton Kasepuhan Cirebon memang luas. Kami sampai gempor untuk menghatamkan semuanya. Kerongkongan kering karena cuaca Cirebon yang panas. Tapi terbayar dengan rasa puas melihak koleksi pusaka Keraton Kasepuhan Cirebon yang masih terawat cukup baik (minimal hingga saat ini).


***

Tidak ada komentar: