11.7.13

Yoga & Traveling, Refreshing The Body and Soul


Matahari mulai menuju peraduannya. Tertutup awan yang seharian redup. Perahu kecil kami bersandar di dermaga Pulau Bira Besar, Kepulauan Seribu. Lima belas orang peserta yoga segera menggelar yoga-mat di atas dermaga kayu itu. Membujur dua baris, mengikuti alur dermaga yang panjang, dengan saling berhadapan antar dua kelompok, menghadap kepada Master sebagai center-nya.


Walaupun ada perahu yang bersandar, sehingga tidak menikmati temaramnya sinar matahari sewaktu terbenam, peserta yoga cukup antusias. Padahal sinar matahari inilah yang dinantikan mereka. Master Slamet, sebagai pemandu yoga memimpin ‘ritual’ yoga kali ini. Diiringi alunan irama musik (yang terdengar seperti lirik India) dari tape potable-nya. Sesekali member instruksi tentang gerakan-gerakan yoga yang slowly.



Semua peserta ‘khusyuk’ dan hanyut dalam irama dan gerakan yoga. Tak ada letih sedikit pun dari wajah mereka, padahal telah menemupuh perjalanan dari Jakarta-Pulau Harapan, dan ber-snorkeling sebelumnya di dua tempat.



Pagi hari pun, team melakukan yoga kembali. Kali ini dipandu oleh Bagus dan Iin. Bertempat di Pulau Bulat. Dengan pohon yang masih rimbun, dan udara laut yang segar membuat suasana mendukung. Sayangnya, sinar matahari tak muncul, karena tertutup awan.





Masih satu rangkaian dengan yoga, yakni meditasi. Malam hari team melakukan meditasi di pantai Pulau Harapan. Tengah malam team menuju plataran dekat pantai. Dipimpin oleh Wati, perempuan bersahaja dan tenang. Yoga-mat kembali digelar membentuk lingkaran. Lilin dinyalakan, sedangkan lilin aromatik (aroma daun sereh) diletakan mengitari peserta. Hening, menyatu dengan alam dan melepaskan segala beban.



Yoga memang berasal dari India, berkembang ke penjuru dunia. Yoga biasanya dilakukan untuk pengobatan alternatif, utamanya dilakukan dengan latihan pernapasan. Gerakan-gerakan yoga juga baik untuk kesehatan seperti fleksibilitas dan kekuatan tubuh, mengembangkan otot, mencegah nyeri, serta memperlancar pernapasan. Sedangkan manfaat bagi mental, seperti ketenangan mental, mengurangi stres, dan kesiagaan tubuh. Seperti diungkapkan Rusti, salah satu peserta yoga, dengan yoga berat badannya turun mendekati berat badan ideal.

Sejatinya yoga bisa dilakukan dimana pun, baik indoor maupun outdoor. Beryoga sambil traveling merupakan pilihan untuk memadukan yoga dan jalan-jalan, refreshing the body and soul. “Baru kali ini saya yoga di pantai. Apalagi baru pertama kalinya mencoba snorkeling” papar Rusti kembali.



***

Tidak ada komentar: