16.10.14

Geopark Ciletuh – Curug Awang

















Alam yang masih cukup perawan, kalau boleh saya mengatakan seperti itu. Bentangan alam Geopark Ciletuh, Sukabumi memang membawa kita akan sebuah keajaiban alam yang mengundang decak kagum. Formasi batuan unik, alam yang indah, air terjun (curug) yang tersebar dimana-mana, bentang alam yang sangat seperti horizon.

Salah satu sudut Geopark Ciletuh, Panenjoan, dan Curug Awang yang keduanya jaraknya tak terlalu jauh. Petualangan kami mulai dari sini.

Melihat bentangan alam yang luas akan dipuaskan di Panenjoan. Mirip lembah, dengan ujung sana berupa pantai. Curug Awang, yang masuk ke kebun kelapa dan sawit, menyusuri jalan kecil pas untuk satu kendaraan roda empat, dan jalanan berbatu. Curug yang tinggi dan formasi batuan seperti batuan purba. Air mengalir terus walau musim kering seperti ini. Di pinggir curug terdapat sawah dengan kontur tanah berundak. Awesome!

Rasanya tak terbayang sebelumnya, alam yang begitu unik dan indah ini ada di Indonesia. Bahkan di Jawa Barat, yang notabene dekat dengan Ibu Kota Jakarta.


***

Tidak ada komentar: